Perbedaan antara layanan Managed Virtual Private Server dan Unmanaged VPS terletak pada dukungan teknis dari Indonesian Art Creative Host kepada Anda sebagai pelanggan VPS.

Pada Managed VPS, dukungan yang diberikan akan menyentuh tingkat software tertentu di dalam VPS. Mulai dari instalasi software yang akan digunakan, hingga troubleshooting. Sedangkan pada Unmanaged, dukungan yang diberikan hanya terbatas pada VPS (start, restart, reset password dan reinstall).

Ya. Anda dapat mengakses VPS melalui SSH dengan login root karena pada prinsipnya Anda memiliki sebuah server tersendiri yang dapat Anda konfigurasi dan lakukan kustomisasi sendiri.

Namun perlu diingat karena root adalah privilege tertinggi, kesalahan pengoperasian dapat menyebabkan VPS Anda “rusak” OSnya dan perlu dilakukan restore atau re-install untuk membuatnya dapat beroperasi kembali.

Anda bisa merestart VPS dari Power Panel yang beralamat di https://[IP-Address]:port, setelah login menggunakan user root dan passwordnya, Anda bisa merestart VPS tersebut melalui tombol Restart yang ada di bagian atas.

Anda tidak diperkenankan untuk merestart melalui shell karena dapat menyebabkan VPS Anda gagal booting.

*iP-Address adalah IP address VPS Anda