Setelah domain dan website yang dipesan aktif, Anda akan mendapatkan fasilitas untuk bisa menggunakan email dengan nama domain website yang anda inginkan.

  • Akses halaman login email Google Apps Anda, misal: http://mail.namadomainanda.com atau melalui Google Mail (http://mail.google.com)
  • Login dengan menggunakan email utama pada akun Google Apps Anda
  • Setelah login, klik link “Kelola domain ini” / “Manage This Domain“, maka anda Akan dibawa ke halaman administrator Google Apps
  • Masuk ke menu “Organisasi dan Pengguna” / “Organization and Users
  • Pada halaman “Organisasi dan Pengguna” / “Organization and Users” pastikan Anda berada di tab Pengguna / User kemudian klik button “Buat Pengguna Baru” / “Create New User
  • Kemudian akan muncul form dimana anda diminta untuk memasukkan data user yang baru seperti nama pengguna dan nama akun e-mail yang baru, dan jika Anda ingin mengubah password default yang diberikan maka klik tetapkan password. Masukkan password baru yang ingin digunakan, setelah itu klik button “Buat Pengguna Baru”.

Akun email yang baru telah selesai dibuat. Dan sebagai tambahan informasi bahwa saat artikel ini dibuat, Anda dapat menambahkan account sampai 10 user gratis.

Kami melimit pengiriman email sebesar 120 email per jam untuk setiap domain. Apabila akun hosting Anda melebihi limit tersebut, maka secara otomatis SMTP kami akan menghentikan pengiriman email. Selain itu jika terdeteksi bahwa email tersebut dikirimkan oleh salah satu script di website Anda dengan pola abusive dan tidak wajar maka server secara otomatis akan membekukan folder yang berisi script tersebut.

Hal ini dilakukan secara otomatis untuk mencegah pengiriman email massal yang akan membuat IP server yang Anda gunakan masuk di blacklist e-mail lain seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll sehingga layanan email terhadap pelanggan lain yang menggunakan IP address yang sama akan terganggu.

Kami melimit pengiriman email sebesar 120 email per jam untuk setiap domain. Apabila akun hosting Anda melebihi limit tersebut, maka secara otomatis SMTP kami akan menghentikan pengiriman email. Selain itu jika terdeteksi bahwa email tersebut dikirimkan oleh salah satu script di website Anda dengan pola abusive dan tidak wajar maka server secara otomatis akan membekukan folder yang berisi script tersebut.

Hal ini dilakukan secara otomatis untuk mencegah pengiriman email massal yang akan membuat IP server yang Anda gunakan masuk di blacklist e-mail lain seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll sehingga layanan email terhadap pelanggan lain yang menggunakan IP address yang sama akan terganggu.

Kami melimit pengiriman e-mail sebesar 120 email per jam untuk setiap domain. Apabila akun hosting Anda melebihi limit tersebut, maka secara otomatis SMTP kami akan menghentikan pengiriman email. Selain itu jika terdeteksi bahwa email tersebut dikirimkan oleh salah satu script di website Anda dengan pola abusive dan tidak wajar maka server secara otomatis akan membekukan folder yang berisi script tersebut.

Hal ini dilakukan secara otomatis untuk mencegah pengiriman email massal yang akan membuat IP server yang Anda gunakan masuk di blacklist e-mail lain seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, dll sehingga layanan email terhadap pelanggan lain yang menggunakan IP address yang sama akan terganggu.

Kasus tersebut biasanya terjadi pada akun website yang berlokasi di server IIX/Indonesia, yang mana bandwidth internationalnya tidak sebesar server US. Sebagai solusinya, silahkan konsultasikan dengan Technical Support kami melalui chat atau email it@arts.co.id untuk dapat dibantu di setingkan mail service menggunakan Google Apps atau meminta pemindahan lokasi server ke US / luar negeri.

Untuk pemindahan akun hosting ke US / luar negeri dapat di pelajari lebih lanjut di artikel berikut.

Jika pada saat melakukan pengiriman email menggunakan aplikasi mail client seperti Outlook dan Thunderbird muncul peringatan berikut:

Sending and Receiving’ reported error (0x80042109): ‘Outlook is unable to connect to your outgoing (SMTP) e-mail server. If you continue to receive this message, contact the server administrator or Internet service provider (ISP)

maka kemungkinan ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan memblokir port SMTP. ISP biasanya memiliki alasan tertentu untuk pemblokiran ini seperti mencegah terjadinya serangan worm yang menyebabkan pengiriman SPAM atau alasan lain.
Silahkan menghubungi ISP yang Anda gunakan untuk menanyakan alamat SMTP mereka. Pada kasus ini biasanya Anda akan diberlkan akses menggunakan SMTP mereka untuk pengiriman email.

Pesan error tersebut muncul karena tidak ada Identities di setting RoundCube. Silahkan login kembali ke RoundCube kemudian klik menu Settings> Identities> dan silahkan check  pada Checkbox “Set default”. Jika pada saat menyimpan (save) muncul pesan error 500 silahkan kirim email ke it@arts.co.id dengan menyertakan nama domain dan detail permasalahan ini.

Password email bisa direset sendiri oleh pemilik akun website melalui webmail. Silahkan login ke webmail. Anda dan masuk menu akun email. Klik di menu Change Password pada daftar alamat email yang ada untuk mengubah passwordnya.

Saat akun website Anda overquota memang akun hosting akan mengalami banyak masalah, diantaranya tidak dapat mengakses email melalui WebMail. Untuk akun hosting yang over quota, solusinya adalah :

  1. Mengosongkan mailbox dengan cara mendownload email yang ada di server dengan menggunakan aplikasi mail client, sebagai salah satu contoh misalnya Microsoft Outlook.
  2. Mengupgrade paket hosting Anda ke paket yang memiliki quota space lebih besar.
    Request untuk upgrade paket hosting bisa disampaikan via email ke it@arts.co.id dengan menggunakan email kontak yang terdaftar di Indonesian Arts Creative Host. Kami akan mengirimkan invoice untuk keperluan upgrade tersebut.