Single Blog

Cara Mengatasi USB Not Recognized

September 7, 2018, Written by 0 comment
Bagi anda yang sering duduk di depan komputer mungkin anda pernah menemui tulisan not recognized pada pojok kiri laptop/komputer, nah kali ini saya akan memberi solusinya, ok langsung saja simak solusinya di bawah ini :

1. Restart komputer atau laptop

Restart komputer mungkin adalah cara yang paling mudah dan simple untuk dilakukan, dengan harapan setelah kita merestart komputer semua program akan reset dan fungsi USB device kembali seperti semula.

2. Gunakan system restore

Jika langkah pertama tidak berhasil, kita bisa menggunakan system restore pada untuk mengembalikan system komputer kita pada keadaan sebelumnya. Untuk menggunakan system restore bisa melalui menu “Start” > “Programs” > “Accessories” > “System Tools” > “System Restore“. Setelah itu tunggulah hingga proses selesai.

3. Lepas baterai laptop atau lepas kabel power supply pada komputer

Sobat software pasti berpikir “Apa hubungan power supply atau battery laptop dengan USB device?” Memang terdengar agak aneh, namun bila sobat software sering bermain ke forum microsoft, banyak yang mengatakan dengan cara ini masalah USB device not recognized dapat terpecahkan. Jadi, tidak ada salahnya dicoba kan ? Oh ya, untuk laptop dalam melepas battery tunggulah hingga beberapa menit sebelum memasangkannya kembali, ini bertujuan agar sistem di dalam battery laptop dapat me-reset.

 

4. Uninstall USB host controller

Untuk melakukannya bisa melalui Device Manager. Klik kanan pada “My Computer” kemudian pilih Properties setelah itu pilih Device Manager. Untuk lebih cepat bisa melalui “Run” dengan mengetikkan Devmgmt.msc setelah itu pilih Device Manager. Selanjutnya klik 2X pada “Universal Bus Controllers” yang ada di posisi bawah untuk menampilkan sub menu. Carilah yang ada tulisan “Host Controller” (jangan yang lain) kemudian klik kanan dan pilih Uninstall, lakukan satu persatu. Kemudian restart komputer, Windows akan secara otomatis menginstall ulang driver USB yang barusan kita uninstall tadi.

Jika keempat cara di atas tetap tidak bisa mungkin anda bisa mencoba menggunakan MICROSOFT FIXIT

Sekian postingan dari saya bila kurang jelas silahkan berkomentar.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

If you agree to these terms, please click here.